Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Dan Mengolah Bawang Merah Menjadi Resep Masakan Yang Nikmat

Mengenal Dan Mengolah Bawang Merah Menjadi Resep Masakan Yang Nikmat - Siapa yang tak mengenal bawang merah atau bawang putih atau sejenis lainnya yang banyak beredar, rasanya anak baru lahir saja yang belum kenal bawang, jenis bahan atau bumbu masak ini menjadi pelengkap mutlak dari setiap resep makanan yang kita buat tapi untuk resep sayuran dan sejenisnya saja yang memakai bawang, tidak nikmat rasa makanan tersebut jika tidak menggunakan bawang, dan di setiap dapur rumah tangga saya rasa bawang selalu tersedia,bawang dapat di olah menjadi tambahan bumbu atau bisa juga sebagai tambahan makanan pelengkap seperti yang akan saya sharing di sini.

Postingan ini sebenarnya membahas mngenai resep dari bahan dasar bawang merah, pilihan pada bawang merah karena jenisnya ini banyak dan mudah di dapat, mulai dari penjual sayur keliling hingga di pasar – pasar tradisional dan super market pun menjual bawang merah, akan tetapi sebelum saya lanjut tulisan ini ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis tambahan bumbu masak yang satu ini.

Dalam dunia botanik lebih di kenal dengan nama Allium Cepa.. , banyak di budidayakan di tempat – tempat yang bersuhu sedikit agak dingin, menurut catatan sejarah asal muasal tambahan mumbu masak ini berasal dari sekitaran negara Pakistan dan persia, sebenarnya kalau menurut saya bawang merah ini termasuk didalam kelas tumbuhan umbi –umbian karena proses nya sama persis dengan tanaman jenis umbi-umbi lainnya seperti ketel, kentang, ubi jalar atau ubi kayu, hanya saja untuk jenis tanaman ini konturnya tidak seperti tanaman umbi-umbi lainnya, kalau yang lain itu adalah bahan makanan pokok yang  satu ini adalah tambahan bumbu masak atau masuk kedalam kategori rempah-rempah yang berguna sebagai bahan obat.

Terdapat beberapa kandungan dalam bawang merah ini seperti vitamin c, kalium, kalsium, serat dan asam folat dan bebrapa zat lainnya yang semua zat tersebut sangat baik untuk kesehatan, maka tidak salah jika setiap resep makanan selalu ada bawang, aneh rasanya kalau ada resep masakan apalagi jika resep tersebut adalah resep sayur-sayuran lalu tanpa bawang sebagai salah satu bumbunya, di beberapa negara bahkan bawang ini di makan mentah – mentah entah sebagai obat atau sebagai tambahan penyedap rasa, seperti di negara Afganistan, orang disana kalau makan daging, bawangnya di makan mentah mentah kata mereka rasanya lebih enak, memang lain tempat lain cara, untukbidang kesehatan bawang merah menjadi bahan obat tradisional dan alami seperti herbal, beberapa penyakit ringan dapat sembuh setelah di obati dengan bawang, misalnya dapat menurunkan demam pada anak, ruam kuku, mimisan hingga influeansa dan beberapa jenis penyakit  lainnya.


Tips memilih dan menyimpan Bawang Merah


Setelah kita mengetahui tentang bawang merah ini, maka hal yang juga harus kita ketahui adalah bagaimana memilih dan menyimpan bumbu masak ini, karena jika salah dalam memilih bisa jadi kita akan mendapatkan bawang rusak atau jika salah perlakuan bisa jadi bahan makanan ini akan rusak seperti busuk dan berbau menyengat.

Memilih bawang merah yang di jual di pasaran harus dengan kehati-hatian, biasa bawang di jual dalam bentuk kiloan kalau belinya banyak, maka pilihlah tumpukan bawang yang masih segar, kering dan tidak lembab, biasa pedagang nakal akan mencampurnya dengan bawang basah yang sudah di rendam air agar beratnya bertambah dengan dalih bawang tersebut baru di petik, sedikit catata adalah jika bawang itu basah maka bawang itu sudah di rendam air, bawang yang baik adalah yang kering tidak basah.

Mengenal Dan Mengolah Bawang Merah Menjadi Resep Masakan Yang Nikmat

Pilih bawang yang kulitnya tidak berserabut, tidak lembek kontur umbinya serta tidak berlendir, pilih bawang yang masih sedikit ada akarnya, biasa bawang yang masih ada akarnya bawang itu lebih awet dan lebih segar, apalagi jika akarnya masih basah dan masih ada sedikit tanahnya, yakinlah bawang itu baru saja habis di petik.
 
Menyimpan bawang juga musti jadi perhatian, menyimpan di tempat tertutup dengan kurangnya sirkulasi udara akan membuatnya rusak, janga di simpan di tempat  yang tertutup dan basah seperti lemari makan atau lemari es, simpan saja dengan biarkan terbuka, paling bagus kalau di simpan di wadah yang berbentuk jaring-jaring, agar selalu kena angin hingga bisa selalu kering, paling bagus jika di simpan di dekat kompor.
Mengolah Bawang Merah Menjadi Resep Masakan Yang Nikmat.
Pemanfaatan bawang dalam dunia kuliner ada beragam bentuknya, bisa di buat bawang goreng tabur, hingga di olah dengan cara di masukan ke dalam resep masakan tersebut, seperti yang ingin saya share kali ini, bagaiaman memanfaatkan bumbu masak ini menjadi salah satu jenis kuliner unik dan nikmat.

Dalam sebuah keluarga biasa ada resep yang di wariskan dari generasi ke generasi, seperti di kesempatan kali ini dimana saya mau sharing salah satu resep yang lama di wariskan oleh ibu saya, resep ini sangat cocok untuk kost-kostan yang sedang berhemat pengeluaran, berdasarkan pengalaman saya waktu masih kuliah dulu, resep ini sangat membantu sekali di saat kiriman dana belum datang atau saat dana lagi menipis.

Soal rasanya jangan di tantang kawan, di tangan seorang yang ahli dalam meracik garam dan penyedap rasa, resep yang akan di hasilkan akan bercita rasa nikmat dan makyus, resep ini di nikmati pas lagi hangat-hangatnya atau pas baru di angkat dari wajan, akan semakin terasa jika di kombinasikan dengan beberapa bahan lainnya seperti petes atau terasi, akan tetapi jika ingin yang orisinil tanpa tambahan bahan lainnya juga sudah mantab.

Resep ini saya namakan Bawang Goreng Pedas, itu karena yang menjadi bahan utamanya adalah bawang dan cabe rawit, ke dua bahan utama tersebut sangat mudah untuk di dapatkan, banyak yang jual mulai di toko swalayan sampai penjual sayur keliling, dan harra dari ke dua bahan utama dari resep ini juga tidak mahal, beli sekitar dua ribu rupiah (Rp. 2.000) sudah banyak bahkan bisa di buat sampai 3 kali tergantung keinginan.

Berikut Resep Bawang Goreng Pedas

Bahan :

    3 siung bawang merah seukuran kelereng, jangan yang ukuran bola tenis karena itu bukan bawang merah namanya tapi bawang bombay.   

    Cabe rawit secukupnya tergantung tingkat pedas yang di inginkan, kalau tidak ada cabe rawit, cabe keriting atau cabe besar juga tidak ada masalah tergantung selera.  

    Penyedap rasa seperti garam dan msg secukupnya, sekedar saran pilih garam halus yang beryodium dan msg yang ada cap halal dari Majelis Ulama Indonesia.  

    Minyak goreng secukupnya.


Cara Membuatnya :

- Kupas bawang merahnya lalu lalu sisihkan

- Ambil cabe yang sudah disiapkan lalu uleg bersama garam halus, tambahkan bubuk msg secukupnya.

-Iris tipis bawang merah tadi yang sudah di siapkan, irisannya tidak terlalu tebal dan tidak juga terlalu tipis, sedang-sedang saja.

- Campur ulegkan bumbu penyedap rasa tadi dengan irisan bawang merah.

- Panaskan minyak gorengnya dengan api sedang, jaga suhu minyak agar tidak terlalu panas karena di kwatirkan kalau terlalu panas bawang gorengnya hangus, kalau hangus rasanya tidak nikmat, jadi hati-hati.

- Setelah di dapatkan panas yang cukup, masukan campuran bahan tadi, lalu tumis dengan waktu yang pas, jangan juga terlalu lama nanti hangus.

- Jika warnanya sudah agak kekuning-kuningan dan berbau khas, maka angkat tumisan bawang goreng tadi dari tempatkan pada wadah yang terbuat dari kaca atau tembikar, bisa berbentuk piring kecil.

Demikianlah informasi tentang bawang merah dan cara mengolahnya, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Mengenal Dan Mengolah Bawang Merah Menjadi Resep Masakan Yang Nikmat"