ETIKA Membuat SURAT Lamaran KERJA
Skck-polres.blogspot.com – ketika anda selesai membuat skck maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah membuat surat lamaran pekerjaan, tapi yang harus ada ketahui terlebih dahulu ialah etika membuat surat lamaran kerja, agar surat yang anda kirimkan dapat di terima dengan baik oleh pihak perusahaan
Kesalahan dalam membuat surat lamaran kerja bisa berakhir tidak baik, contohnya ada kalimat yang di nilai tidak pantas oleh pihak perusahaan, seperti kata yang kasar, merendahkan, kata yang memuji diri sendiri dan kata yang tidak baku lainnya, yang jelas semua kesalahan tersebut harus di hindari
Lalu, bagaimakah cara membuat surat lamaran kerja yang benar ?, di bawah ini telah penulis jelaskan secara jelas, silakan di simak
1. menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar atau EYD
Etika membuat surat lamaran kerja yang pertama terletak pada bahasa yang di gunakan, yang mana anda tidak boleh menggunakan bahasa ibu atau bahasa tidak baku lainnya, cukup gunakan bahasa baku yang jelas, singkat dan mudah di pahami, tidak perlu panjang lebar, cukup ke intinya saja
Selama surat anda enak di baca biasanya pihak perusahaan akan tertarik untuk memanggil anda dan kemudian ikut tes serta wawancara, apalagi perusahaan swasta biasanya tidak terlalu ribet seperti perusahaan negeri
2. harap perhatikan besar kecil huruf
Etika kedua terletak pada besar dan kecilnya huruf yang anda gunakan, sebaiknya gunakanlah huruf yang tepat, contohnya huruf besar ketika di awal kalimat dan di tutup dengan tanda baca koma atau titik pada akhir kalimat
Penggunaan tanda baca memang terlihat kecil, tapi anda jangan salah dalam menilai, semakin bagus sebuah perusahaan maka semakin bagus juga prosedur yang mereka tetapkan, sehingga tidak jarang dalam membuat sebuah surat saja mereka harus melakukan revisi berkali-kali agar investor tertarik dengan perusahaan mereka
Lalu bagaimanakah dengan surat yang anda buat, sudahkah bagus dan rapi dalam penyusunan kata dan kalimatnya ?, jika belum sebaiknya di periksa terlebih dahulu, tidak ada gunanya terburu-buru tapi ujung-ujungnya di tolak, kalau sudah begitukan anda juga yang merugi, jadi sebaiknya periksa kembali
3. tanggal dan penerima harus jelas
Etika selanjutnya terletak pada tanggal dan penerima harus jelas, kita semua tahu di dalam perusahaan terdapat banyak sekali bagian dan jabatan, oleh karena itu kita wajib mengetahui kemana tujuan surat yang sedang kita buat tersebut
Dengan tujuan yang jelas dan terarah akan memudahkan pihak perusahaan memproses surat anda, selain itu juga tanggal harus di tuliskan dengan jelas, jangan sampai anda membuat surat lamaran kerja tanpa tanggal, karena bisa berakhir memalukan
Penulis rasa cukup jelas untuk etika membuat surat lamaran kerja di atas, jika belum jelas silakan di tanyakan kepada penulis melalui kolom komentar di bawah ini, sekian dan semoga berhasil.
Penulis : Kuanyu
Post a Comment for "ETIKA Membuat SURAT Lamaran KERJA"