Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengurus Skck Di Hari Sabtu Beserta Biayanya


Cara Mengurus Skck Di Hari Sabtu Beserta Biayanya

Jika anda bertanya apakah bisa mengurus skck di hari sabtu? , jawabanya adalah bisa.. anda bisa membuat skck baru atau perpanjangan di hari sabtu,  hanya saja jam pelayananya lebih pendek, yaitu mulai jam 08:00 hingga 11:00, lebih dari itu sebaiknya anda mengurusnya di hari senin-jumat.

Syarat mengurus skck di hari sabtu:

Datang pukul 08:00-11:00
Fotokopi ktp/sim
Fotokopi kk
Fotkopi akte kelahiran
Surat pengantar dari desa
Rekam sidik jari
Pas foto 4x6 background merah 6 lembar
Mengisi formulir
Membayar biaya skck rp. 30.000

Mengurus skck di hari sabtu bedanga hanya di jam kerja saja, dan juga anda tidak bisa mengurus surat pengantar skck dari desa pada hari sabtu, karena sabtu kantor desa tutup. Namun tenang saja anda bisa menitipkanya pada staff kantor desa yang anda kenali.

Update: tidak semua polsek/polres buka pada hari sabtu, silahkan hubungi kepolisian setempat

Langkah mengurus skck di hari sabtu

1. Buat pengantar desa di hari lain

Karena hari sabtu kantor desa tutup, maka anda harus menyiapkan surat pengantar ini di hari lain, yaitu senin-jumat, jika anda sibuk anda bisa meminta keluarga anda untuk mengurusnya untuk anda.

Cara mengurusya pertama anda harus ke rt dan rw terlebih dahulu untuk meminta surat pengantar untuk desa, setelah anda mendapatkan surat tersebut anda bisa datang ke kantor desa dan meminta dibuatkan surat pengantar skck.

Pengurusan surat pengantar ini tidak dikenakan biaya, namun jika anda ingin memberi sesuatu, anda bisa memberi sekedar uang rokok untum rt atau rw anda.


2. Siapkan semua syaratnya

Siapkan semua syarat yang harus dipenuhi, untuk fotokopi.. Copy saja masing-masing 3 kali, dan masukan semua syarat anda ke dalam map agar rapi.

3. Datang ke polsek/polres pada jam pelayanan

Untuk anda yang ingin mengurus skck di hari sabtu anda bisa mengurusnya mulai jam 08:00 hingga jam 11:00, atau anda bisa mengurusnya hari senin-jumat mulai jam 08:00 hingga 15:00.

Pengurusan skck ini tidak memakan waktu lama kok, jika semua syarat sudah anda penuhi, skck anda akan jadi sekitar 1-2 jam saja.

4. Menyerahkan syarat ke loket skck

Setelah anda datang ke polsek/polres anda bisa menyerahkan semua syarat anda kepada petugas, berkas anda akan dicek kelengkapanya, jika belum lengkap anda akan diminta melengkapinya terlebih dahulu, namun jika sudah lengkap anda akan diberikan formulir yang harus diisi berdasarkan biodata anda dan keperluan anda mencetak skck.

5. Merekam sidik jari

Jika anda belum pernah merekam sidik jari, maka petugas akan memandu anda merekam sidik jari anda.

6. Cek data sebelum meninggalakan kantor polisi

Setelah semua proses selesai anda akan mendapatkan skck anda, sebelum pergi pastikan anda mengecek data yang ada di dalam skck, jangan sampai ada kesalahan tulis dll, agar anda tidak perlu bolak balik ke polsek untuk merevisi skck anda tersebut.


Dibawah ini ada beberapa pertanyaan yang mungkin akan anda tanyakan saat mengurus skck di hari sabtu?

a. Apakah skck akan jadi di hari yang sama?

Ya, jika syarat anda sudah lengkap, skck anda bisa jadi di hari sabtu itu.

b. Apakah pengurusan skck di hari sabtu dapat diwakilkan?

Ya bisa, anda bisa meminta tolong pada keluarga atau teman untuk mengurusi skck anda, namun yang bersangkutan harus memiliki semua syaratmya, anda bisa membaca artikel : cara menitipkan pengurusan skck

c. Apakah bisa mengurus skck secara online di hari sabtu?

Ya bisa, bahkan anda bisa mengurusnya di hari minggu juga, namun pengambilan skcknya harus di hari kerja, anda bisa mempelajarinya di : cara membuat skck secara online.



Post a Comment for "Cara Mengurus Skck Di Hari Sabtu Beserta Biayanya"