Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Skck Tanpa Menggunakan Akte Kelahiran

Salah satu syarat wajib yang harus anda bawa ketika mengurus skck adalah akte kelahiran, tapi bagaimana jika akte kelahiran belum punya atau hilang... Masih bisakah membuat skck?
Kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat skck tanpa akte kelahiran
Syarat mengurus skck tanpa akte kelahiran:


  1. Surat keterangan belum memiliki akte dari desa
  2. Fotokopi ktp/sim
  3. Fotokopi kk
  4. Pas foto 4x6 6 lembar
  5. Surat pengantar dari desa
  6. Membayar biaya skck rp. 30.000


Itulah syarat yang harus anda penuhi, anda bisa mengganti akte kelahiran dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh desa yang menyatakan bahwa anda belum memiliki akte kelahiran. Lalu bagaimana cara mengurusnya?

baca juga : cara mengurus skck beserta cara mengisi formulirnya

Cara Mengurus Surat Keterangan Belum Memiliki Akte Kelahiran

Cara Membuat Skck Tanpa Menggunakan Akte Kelahiran
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah pergi ke rt dan rw untuk meminta pengantar ke desa.. Pada saat disini pastikan selain meminta pegantar untuk keterangan belum punya akte, anda juga meminta pengantar skck sekalian. Jadi tidak bolak balik..

Setelah anda mendapatkan 2 pengantar, yaitu skck dan keterangan akte, anda bisapergi ke kelurahan untuk meminta surat keterangan belum memiliki akte dan surat pengantar skck.

Pergi Ke Polres Atau Polsek Pada Jam Kerja

Setelah semua persyaratan diatas anda lengkapi, anda selanjutnya bisa ke polsek atau polres untuk mengurus skck, datanglah pada jam kerja yaitu mulai senin hingga jumat jam 8 pagi hingga 3 sore.

Atau anda bisa juga mengurusnya pada hari sabtu mulai jam 8 pagi hingga jam 11 siang. Apabila anda terlalu sibuk sebenarnya anda bisa memanfaatkan skck online, namun akan lebih mudah jika anda mengurus secara manual karena bisa langsung jadi hanya dalam waktu 30 menit jika syarat sudah dipenuhi semua.

Membuat Skck Itu Mudah Meski Tanpa Akte

Banyak orang yang merasa kalaiu membuat skck itu sulit, sehingga timbul rasa ingin nyogok atau membuat skck palsu yang jelas jelas tidak benar dan melanggar hukum.. Alangkah baiknya apabila anda mengurusnya dengan baik-baik. Yakin sama saya,,, membuat skck itu mudah,,

Apakah Pembuatanya Bisa Diwakilkan?

Apabila anda sibuk bekerja atau berada di luar kota sehingga tidak bisa mengurusinya di domisili sesuai ktp, maka anda bisa mewakilkanya pada kerabat atau keluarga anda.

Yang penting anda menitipkan semua persyaratan yang harus anda penuhi, insyaalloh pembuatan skck juga akan sama cepatnya, masalahnya adalah di rekam sidik jarinya, kan tidak mungkin wakil anda yang merekam sidik jarinya..

Solusinya adalah anda bisa merekam sidik jari polsek dimana anda tinggal, kemudian anda kirimkan ke keluarga anda di kampung halaman anda, biar bisa dirurus untuk pembuatan skcknya.


Apakah Bisa Membuat Skck Meskipun Punnya Catatan Kriminal?

Bisa, fungsi dari skck adalah untuk memberi tahu bahwa anda memiliki catatan kriminal atau tidak, jadi apabila anda ingin bekerja di sebuah perusahaan, maka atasan di perusahaan tersebut bisa tau apakah anda bersih dari catatan kepolisian atau tidak,

Jika anda memiliki catatan kriminal anda tidak perlu khawatir, anda bisa kok mendapatka skck, namun apakah perusahaan yang anda lamar mau menerima atau tidak, itu tergantung kebijakan mereka.

Itulah cara membuat atau mengurus skck tanpa menggunakan akte kelahiran, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Membuat Skck Tanpa Menggunakan Akte Kelahiran"